Wanita Yang Berbisik

Saya baru saja menemukan seorang wanita, yang berjam-jam menahanku bercerita hanya untuk menceritakan kejelekan-kejelekan orang-orang disekitarku.

Saya tidak mengerti, saya bukanlah seorang pemegang kuasa yang mesti dicuri hatinya, atau pula seorang bijak untuk diambil petuahnya. Toh, dari hasil curhat itu saya tidak bisa me-non-job seseorang, apa lagi bisa membawa orang menuju Surga apabila menjalankan petuahku.

Sebut saja namanya A, mulailah ia menceritakan si B,C,D, E, lalu kembali lagi ke D. Sepanjang itu jika saya statistikkan modusnya adalah menceritai si C, dan mediannya adalah si E. Modus dalam statistika adalah kasus yang sering muncul, dan median itu rerata dari deretan peristiwanya.

Si B hingga E, paripurna dikupasnya. Hingga akhirnya saya terpaksa meninggalkannya karena sesuatu dan lain hal.

***

Waktu saya dibangku SMA, saya pernah memahami ‘Golden Rule’ atau aturan emas, yang poinnya perlakukanlah orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan oleh mereka.

Hukum itu menjelaskan, jika saat ini kita menceritai seseorang, kemungkinan besar dia juga sedang menceritakan kita. Semua tindakan kita, yang baik dan buruk, akan kembali kepada kita.

Ini juga sejalan dari hukum ketiga dari gerak dalam fisika murni, untuk setiap aksi, terdapat reaksi yang setara dan sebaliknya. Hukum aksi reaksi tepatnya. Semesta akan membalikkan sebesar dan sekecil apapun energi yang kita berikan.

Selain itu, hal ini juga menjadi esensi dari ‘Karma’ yang diyakini dalam filsafat transcendental. Segalanya kan berpulang kepada kita.

***

Saya belum sempat berkata kepadanya tetapi semoga saja dia membaca tulisan ini.

Berbaiklah pada diri sendiri juga orang lain, Perhatikanlah bahwa cinta dan benci itu berbalas. Hukum ini bekerja dengan jelas dan pasti seperti halnya bumi mengelilingi matahari. Terlepas dari anda menyadarinya atau tidak. Hukum itu berjalan dalam hal-hal kecil, besar, hingga perihal yang paling besar.

Tinggalkan Balasan

