Carilah Kesamaannya

Masih terekam di ingatan saya ketika sahabat saya mengatakan “untuk urusan Agama tak usahlah cari perbedaannya, carilan letak persamaannya, sebab segalanya kan juga berakhir kepada Tuhan.”
 
Paling tidak kita masih meyakini bahwa segala yang ada di semesta diatur oleh yang Maha mengatur lagi maha kuasa, melebihi segalanya…Yang paling riskan untuk diselamatkan sebenarnya adalah orang-orang yang belum menemukan Tuhan, bukan orang yang malah telah BerTuhan.
 
So, karena segalanya dari Tuhan, maka kita semua adalah anak kasih Tuhan yang cintanya diwakilkan kepada Adam dan Hawa lalu tibalah meng-ada- menjadi kita.
 
Stop perpecahan karena ketidaksamaan, carilah persamaannya, agar segalanya damai dan indah.
 
Di tahun 2012, saya membaca karya Paulo Coelho yang mengisahkan tentang Orang Katolik dan Orang Muslim, yang cukup menggugah tentang pentingnya memahami dan mengasihi sesama umat tuhan.
 
Seperti ini catatannya:
 
Saya mengobrol dengan seorang Pastor Katolik dan seorang Pria Muslim yang masih muda, sambil makan siang. Ketika pelayan datang membawa nampan, kami mengambil makanan, kecuali pria Muslim itu, sebab dia sedang berpuasa sesuai ajaran Agamanya.
 
Setelah makan siang selesai dan orang-orang mulai beranjak, salah seorang tamu di situ berujar, “Kalian lihat betapa fanatiknya orang-orang Muslim itu, untunglah kalian orang-orang Katolik tidak seperti mereka.”
 
“Tetapi kami pun sama,” Sahut sang Pastor. “Dia berusaha mematuhi Tuhan, sama seperti saya. Hanya saja kami mengikuti hukum-hukum yang berbeda.” Dan dia mengakhiri ucapannya dengan berkata, “Sayang sekali orang-orang hanya melihat perbedaan-perbedaan yang memisahkan mereka. Seandainya kita memandang dengan rasa kasih yang lebih besar, kita akan lebih banyak melihat kesamaan-kesamaan diantara kita, dan sebagian dari masalah-masalah di dunia ini akan terselesaikan.”
 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s