Tuntutlah Ilmu Walaupun Sampai Ke Negeri China

                                                           

“saya sendiri selalu mesti berhadapan dengan si Mata Sipit yang terkenal cukup Pelit ketika harus membeli arit”.

(Rami Musrady Zaini)

Sebagai orang Indonesia kita tak asing lagi dengan Negeri Tirai Bambu, Negeri yang masih berkerabat dekat dengan kita yang berasal dari turunan ras mongoloid. China juga merupakan salah satu peradaban tertua di dunia dan berhasil mencapai peradaban tinggi dengan Penemuan-penemuan yang berhasil mengubah dunia.  Mulai dari Bubuk Mesiu, Tekhnik membuat kertas, Pengobatan akunpuntur, hingga tarian-tarian kungfunya yang bisa membunuh jika kita terlalu terpesona menatapnya.

Di bidang Politik dan militer China adalah satu-satunya Negara Asia yang masuk Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto, negeri yang merupakan nafas terakhir pengkikut ajaran Nabi Karl Marx ini berhasil mewujudkan egonya selevel Amerika  serikat. Tak salah jika Jenderal Marinir Joseph Dunford mengingatkan bahwa China merupakan Ancaman bagi kedigdayaan Amerika (VOA Indonesia, Jum’at 10 Juli 2015).

Di bidang Ekonomi, Negara Besutan Presiden Xi Jinping ini berhasil menyulap dirinya menjadi Raksasa Ekonomi Dunia. ‘BRICH’ Salah satu Bank penyantun dunia ke tiga yang didirikan China bersama Brazil, Rusia, dan India kini menjadi rival terberat dari ‘IMF’ yang dianggap oleh Ekonom Kiri telah meracuni negara-negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia.  Salah satu fakta mencengangkan yang saya temukan dalam ‘Majalah Forbes’ Edisi Juni 2015, Volume 6 Issue 6 bahwa hampir semua korporasi besar yang ada di dunia dirajai Oleh China.  Majalah bisnis dan finansial asal Paman Sam tersebut merilis Rank TOP 100 perusahaan terbesar di dunia. Deretan perusahaan Cina itu adalah ICBC (Rank I), China Construction Bank (Rank 2), Agricultural Bank Of China (Rank 3), dan Bank Of China (pada Rank 4) berhasil menempati urutan teratas The World’s Largest Companies 2015 dari seratus perusahaan terbesar yang bercokol dalam urusan ‘bagi-bagi duit’ di Dunia. Tak tanggung-tanggung China menempatkan lima belas perusahaan terbesarnya dalam nominasi tersebut diantaranya Petrochina (Rank 8), China Mobil (Rank 20), SINOPEC (Rank 24), PING AN INSURANCE GROUP (Rank 32), China Live Insurance (Rank 37), Bank Of Communications (Rank 38), China Merchants Bank (Rank 55), Industrial Bank (Rank 73), China Minsheng Banking (Rank 79), Shanghai Pudong Development (Rank 84), dan China Citic Bank (Rank 94) . Sedangkan Negeri kita ‘Indonesia’ cukup beruntung terwakili Bank Rakyat Indonesia (Rank 457), Bank Mandiri (Rank 490), Bank Central Asia (Rank 630), Telkom Indonesia (Rank 783), Bank Negara Indonesia (Rank 927), Perusahaan Gas Negara (Rank 1542), dan Gudang Garam berada pada Rank seribu enam ratus tujuh puluh sembilan (Rank 1679).

Forbes, June 2015. Volume 6 ISSUE 6. Page 54
Forbes, June 2015. Volume 6 ISSUE 6. Page 54

Apa sebenarnya resep kemajuan Negara itu?

Mungkin kita perlu meretas kembali Hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Adi ‘Tuntutlah engkau Ilmu Walaupun Sampai Ke Negeri Cina’. Mengapa harus Cina, kenapa bukan Eropa atau Amerika. Satu alasan yang bisa saya tarik dari hikayat China tersebut adalah bahwa mereka memiliki ‘Ilmu’. Hingga mereka berhasil memahat sejarahnya di atas dinding ensiklopedia dunia. Betapa banyak Pemikir-pemikir besar dari China, kita mungkin mengenal Sun Tzu sang legenda perang yang hampir semua tekhnik berperang dan seni berpolitik di dunia, di kutip dari karya agungnya. Kita juga mengenal Confucius sang pencerah agung,  yang mengajarkan ajaran-ajaran keabadian dengan ilmu pengetahuan. Juga, ditambah dengan karakter masyarakatnya yang terkenal gigih dan ulet dalam menimba ilmu dalam kehidupannya hingga dengan begitu mudahnya menata balok-balok batu menjadi Tembok yang terbesar dan terpanjang di dunia. Terlepas dari semua kontroversi Hadist tersebut.  Bisa jadi, inilah yang kemudian menjadi alasan Rasulullah mengajarkan kita untuk menuntut ilmu ke Negeri China. Wallahu Allam Bi Sahwab.

Kendari, 09/09/2015

Dalam Kepenatan Tidurku,

Kendari, 09/09/2015.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s