Anies Baswedan dan Bocornya Soal UN

(I)

“Kekayaan utama dan terbesar Indonesia bukanlah sumber daya alam, tapi sumber daya manusia Indonesia. Jika kita manusia Indonesia terdidik, tercerdaskan, dan tercerahkan, maka kita akan sejahtera dan mendominasi dunia.”

(Anies Baswedan)

Hampir tak ada korelasi sebenarnya antara anies baswedan dan bocornya ujian nasional (atau sebuah isu yang dibuat-buat), tetapi memang dalam struktur kuasa Anies Baswedan sebagai Menteri pendidikan dan kebudayaan adalah penanggung jawab penuh dari jalannya Ujian nasinal.

Peraih 100 tokoh intelektual dunia versi majalah Foreign Policy yang terbit di Amerika Serikat pada 2008 silam ia juga masuk dalam 20 tokoh berpengaruh dunia versi majalah foresight yang terbit di Jepang, pada 2010 dan penggagas Indonesia mengajar ini sedang di Uji kapasitasnya sebagai menteri. Namun jika ditelisik hampir tak pernah ada soal ujian nasional yang tak pernah bocor. Setiap tahun relative banyak peserta UN yang mendapat soal dan jawaban dari hasil bocoran. Tapi, dalam kasus UN kali ini media selalu membesar-besarkan problem yang selalu kecil (dari 11.730 paket Ujian nasional yang bocor 30 Paket jika dipersentasikan hanya 0,025%).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Anies Baswedan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Anies Baswedan

Lantas siapa yang mesti bertanggung jawab dalam kasus soal Ujian bocor ini?

Pertama, yang paling bertanggung jawab dalam hal ini pihak pemenang tender penggandaan, pencetakan, dan pendistribusian soal UN. Inilah pihak pertama yang patut diduga sebagai sebab musabab bocornya soal UN.

Kedua, adalah Oknum yang mengopload dokumen UN ke dunia maya dalam situs google drive.

Ketiga, adalah oknum siswa yang tak siap menghadapi UN. Memang rasanya kurang adil jika kita menjatuhkan vonis dugaan bersalah kepada oknum siswa yang tidak siap menghadapi UN namun siswa yang tergolong tersebut adalah musabab terakhir yang memperluas informasi bocornya soal UN.

Menjadi menteri adalah kuasa yang sexi dan salah satu karier politik yang banyak diincar akedimisi maupun politisi. Sebagai pendatang baru tentu ia harus membuktikan diri bahwa dia mampu dan bersih, baik di luar atau di dalam kekuasaan. Apalagi politik negeri ini adalah medan politik yang penuh intrik, kompromistis, dan tipu muslihat.

Integritasnya menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan kini sedang diuji, banyak yang meragukan kapasitasnya sebagai pemimpin sebab beliau masih muda dan belum banyak makan garamnya politik Indonesia. walaupun ia memang pernah  menjadi Ketua komite etik Komisi pemberantasan korupsi (KPK), anggota tim seleksi KPU dan Bawaslu, dan anggota sekaligus juru bicara tim delapan KPK.

(II)

“Kombinasi antara integritas tinggi para pemimpin dan optimisme yang solid menjadi penghela gerak Republik ini ke depan.”

(Anies Baswedan)

Anies Baswedan Saat Kunjungannya di HMI Cabang Kendari
Anies Baswedan Saat Kunjungannya di HMI Cabang Kendari

Semoga saja ini hanya Ujian Politik yang mesti dihadapi Anies Baswedan dalam medan politik ke Indonesian, dan saya membuat tulisan ini bukanlah sebuah pembelaan dan pembenaran melainkan coba meluruskan logika sesuai intuisi (kata hati) dan common sense (akal sehat) kita.

Saya juga masih merekam ucapannya dihadapan kader-kader HMI cabang Kendari kala itu bahwa ‘jadilah generasi yang berani bermimpi, berani jalani mimpi itu, dan punya kemampuan untuk menterjemahkannya jadi realita baru’. Dan ia juga menyambangi para anggota muda HMI, bahwa kalian tepat memilih organisasi ini sebagai jalan juang dan perkaderan, sebab dahulu orang-orang yang memimpin negeri ini adalah orang-orang yang keluar dari kawahcandradimuka ini.

(III)

“jadilah generasi yang berani bermimpi, berani jalani mimpi itu, dan punya kemampuan untuk menterjemahkannya jadi realita baru.”

(Anies Baswedan)

Kendari, 17 April 2015

Iklan

3 tanggapan untuk “Anies Baswedan dan Bocornya Soal UN

  1. Thanks very much for following The Immortal Jukebox. I hope you will enjoy lots of entertaining writing and the wide variety of music. I usually post once a week. Please feel free to add comments. If it’s been a while since you visited come on over and see what’s new! Good luck with your blog. Regards Thom.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s