Pentingnya Sebuah Kritikan

‘Pemimpin yang bijak adalah pemimpin yang siap dikritik’

Pembenahan sebuah organisasi bukanlah sesuatu yang mudah, butuh energi besar dan etos kerja yang tinggi. Butuh pembacaan manajemen terbaru selain POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controling) ala George R. Terry. Apalagi itu adalah sebuah organisasi besar semisal ‘Birokrasi’.

Rami MZ-2

pagi tadi kamis, 19/03/2015. Biro umum yang salah satu bagian kecil dari SKPD pada Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan rapat akbar yang dipimpin langsung oleh Kepala Biro yang baru saja dilantik tanggal 23 Januari 2015.

Seperti pimpinan-pimpinan sebelumnya, beliau ingin mentransfer pemikiranya kepada staf dan pimpinan biro umum agar para bawahannya tidak latah dalam menjalankan sistem kepemimpinannya.

Seperti biasa mulai dari urusan administrasi kecil sampai dengan halnya keuangan yang nominalnya besar, mulai dari kinerja besar hingga kinerja yang kecil.

Dengan sistem panelis tibalah pada sesi tanya jawab:

Saya pun didaulat oleh teman-teman untuk mengajukan ‘pendaman hati’ kepada pimpinan. satu persatu kicauan teman-teman kuterima dan kurangkum dalam ide lalu ku terjemahkan dalam ‘kritik’ selama kurang lebih dua puluh lima menit.

Sebagai penutup dari ‘pendaman hati’ bernada kritik tersebut kutautkan kalimat bijak dari Peter F. Drucker seorang pakar manajemen kontemporer yang mengatakan bahwa “tidak ada negara atau organisasi yang terbelakang, kecuali negara atau organisasi yang salah urus.”

Tak dinyala, kepala Biro Umum pun menyahuti kritikan saya itu dengan bijak, bahwa pentingya sebuah kritik agar saya tahu apa yang menjadi keluh kesah bawahan saya ketimbang anda-anda berbicara di belakang saya, dan secara tak sadar pun beliau selalu terbawa dengan kalimat penutup saya itu.

“Semua ini karena salah urus.”

Peter F. Drucker
Peter F. Drucker
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s